Sabtu, 05 April 2014

Sulitnya Buka Rekening BCA Sekarang







Bersumber dari pengalaman pribadi tentang betapa ribetnya membuka rekening di BCA. Mungkin tulisan ini akan bermanfaat bagi yang belum punya atau ingin membuka rekening khususnya pada bank BCA (Bank Central Asia), cerita bermula ketika saya harus mengurus sendiri tanpa panduan dengan datang langsung ke BCA Bona Indah, Jakarta Selatan pada hari kamis. Datang sekitar jam 7 pagi agar mendapat nomor antrean yang sekiranya cepat. Sampai dilokasi ternyata harus menunggu 1 jam lebih karena Bank buka pada pukul 08:15 , penantian yang lama pun tak sia-sia sebab mendapat nomor antrean 5 , setelah duduk sejenak tibalah giliran saya untuk menghadapi pegawai bank, yang paling pertama diminta adalah KTP, disini saya mendapat masalah sebab KTP saya sudah di laminating sebelum dibubuhi tanda tangan sendiri, pegawai bank pun menolak dan memberi rekomendasi agar meminta penggantian KTP di kantor kelurahan, syarat kedua adalah membawa surat keterangan dari RT dan RW, hmmmm... Cukup membuat pikiran saya kacau balau, rencana pertama GAGAL....




Pada malam harinya, saya mencoba mengakali bagaimana membuka laminating KTP tersebut, sebab akan menjadi waktu yang lama jika harus mengurus penggantian KTP, dengan modal nekat menggunakan setrika untuk memanaskan plastik laminatingnya, tak lupa saya menggunting pinggiran laminating tersebut agar lebih memudahkan proses bukanya, dengan panas sedang dan selembar kain saya menyentuhkan kain yang membaluti alas setrika tersebut dengan KTP, posisi setrika miring, lalu menggunakan sebuah cutter untuk mengungkap sedikit demi sedikit. Keringat bercucuran dannnnnn dengan sedikit sabar akhirnya proses pembukaan berhasil, tentu saja hanya membuka bagian yang akan dibubuhi tanda tangan saja agar proses cepat, setelah sukses terbuka, tidak menunggu lama lagi untuk mencoretnya (membubuhi tanda tangan), step ini sudah berhasil, selanjutnya adalah memanaskan kembali untuk laminating ulang, proses ini tidak begitu sulit dan sempurna.... Tidak perlu repot-repot untuk mengganti.




Hal kedua adalah meminta surat keterangan dari RT, meskipun semuanya menyita waktu kerja akhirnya saya berangkat ke rumah RT pada pukul 19:xx malam, tapi sayang... Oran gyang dicari tidak berada ditempat, untuk syarat kedua ini saya pastikan gagal sebab saya tidak punya banyak waktu lagi, sebelum hari sabtu semuanya harus kelar. Pulangnya otak saya terus berpikir, akhirnya saya teringat pada kartu keluarga, karena disana sudah ada tanda tangan RT, artinya keberadaan sudah diketahui dan disahkan.




Hari jumat pun tiba, kali ini kembali menyita jam kerja lagi, saya berangkat ke tempat semula (BCA Bona Indah) , ditempat tujuan tepat jam 08:15 , tidak mau buru-buru, saya bertanya-tanya dulu pada security, disini kembali lagi ada persyaratan yang sebelumnya tidak disebutkan, yakni harus punya nomor telepon rumah... Tidak bisa hanya menggunakan telepon seluler, begitulah syarat baru yang sudah ditetapkan BI, katanya. Tapi ada satu cara lain yakni menggunakan surat pengantar dari perusahaan tempat bekerja, sayangnya disini saya menolak, karena saya tidak mau menggunakannya. pusing.... Dan setelah melalui diskusi yang lumayan lama saya putuskan mengatakan proses ini gagal... Saya pun menyerah.... tanpa menunggu lama berpikir untuk pulang.......





Nah, dengan belajar dari pengalaman saya, tentunya untuk yang ingin membuka rekening sudah tahu persyaratan barunya, atau bisa mempersiapkan segala sesuatunya entah dengan bagaimana mengakalinya secara dua cara.... :) :) :) Tapi jika merasa kesulitan , saya menyarankan buka rekeningnya di Mandiri, syarat & prosesnya tidak cukup sulit.



:D




Tidak ada komentar: