Senin, 30 Desember 2013

Asteroid Berpotensi Hantam Mars Tegaskan Ancaman Bagi Bumi




Asteroid ini baru ditemukan pada 20 November lalu. Jika ia mengarah ke Bumi, tak ada cukup waktu untuk menggelar misi pembelok arah

Ak265GW.jpg
(ilustrasi)



Sebuah asteroid yang sedang mengarah ke Mars memiliki peluang 1 banding 28 untuk menghantam sang Planet Merah pada 30 Januari mendatang. Asteroid yang baru terungkap hanya beberapa bulan sebelum kemungkinan terjadinya tabrakan dengan Mars itu menimbulkan pertanyaan, apa yang terjadi jika ia mengarah ke Bumi?


Dengan sedikitnya waktu yang tersisa, satu-satunya pilihan bagi kita adalah mengevakuasi kawasan berpenghuni di Bumi yang kemungkinan akan menjadi titik hantaman asteroid tersebut.


Asteroid itu sendiri, bernama 2007 WD5, ditemukan pertamakali pada 20 November lalu. Ia diperkirakan memiliki ukuran 50 meter, sama seperti objek yang meledak di atas Siberia tahun 1908 yang meratakan pepohonan dalam radius beberapa kilometer dari pusat ledakan.


"Asteroid ini menunjukkan betapa ringkihnya Bumi dari serangan objek-objek kecil yang bisa tidak terdeteksi dan menjadi sudah terlambat untuk menangkis saat ia terdeteksi," kata Don Yeomans, Head of Near Earth Object Program, Jet Propulsion Laboratory, NASA.


Saat ini, ilmuwan masih memperdebatkan metode terbaik untuk membalikkan arah asteroid. Mulai dari menembakkan laser sampai ke mendorongnya ke luar dari lintasan menggunakan "traktor gravitasi". Namun, jika ada objek dengan skenario serupa dengan asteroid tersebut dan baru ditemukan beberapa pekan saja sebelum potensi tabrakan dengan Bumi terjadi, tak akan ada cukup waktu untuk menggelar misi pembelokan arah.





Source: Geografi Nasional

Tidak ada komentar: