Kamis, 12 September 2013

Quasar, Pancaran Yang Terangnya Melebihi Miliaran Cahaya Matahari





quasar+1.jpg
Quasar. Image credit: NASA/ESA



Apa Quasar itu?? Istilah Quasar sendiri pertama kali mulai dikenal pada tahun 1960-an. Saat itu astronom sedang melakukan pengamatan dengan menggunakanThe Robert C. Byrd Green Bank Telescope(GBT). Mereka mendeteksi gelombang streaming dari beberapa obyek di galaksi Bima Sakti. Namun kemudian muncul sebuah gelombang aneh yang berasal dari sebuah obyek. Obyek tersebut nampak kecil dan sangat terang. Mereka menyebutnya dengan Quasi Stellar Objectsatau dikenal dengan Quasar. Setelah itu muncul pertanyaan obyek apakah itu dan bagaimana terbentuknya??.


Awalnya astronom menduga bahwa itu adalah distorsi gravitasi dari lubang hitam, ujung dari lubang cacing (worm hole), atau bahkan sebuah peradaban lain selain Bumi yang sanggup mengambil energi dari bintang-bintang sebagai sumber tenaga. Jarak obyek itu sangat jauh sekitar 4 miliar tahun cahaya dan mampu menghasilkan energi sebanding dengan sebuah galaksi dengan ratusan miliar bintang. Apa yang menyebabkan hal seperti itu??


Pada tahun 1980 astronom mulai menyepakati teori galaksi aktif sebagai sumber dari Quasar. beberapa mekanisme akan membuat ledakan dan pancaran sinar seperti itu. Kita sama-sama mengetahui bahwa kebanyakan galaksi besar mempunyai lubang hitam supermasif di pusatnya yang massa miliaran dari massa Matahari kita. Ketika debu dan gas berada terlalu dekat dengan lubang hitam, maka akan membentuk piringan yang berputar di sekitar lubang hitam tadi. Piringan tersbeut kemudian memanas hingga mencapai suhu jutaan derajat dan munculah ledakan berupa radiasi magnetik yang bisa membentuk sebuah pancaran jet yang tegak lurus. Itulah yang sikenal dengan AGN(Active Galactic Nucleus). Jika kita melihat bagian tengah dari ledakan tadi maka itulah Quasar dan jika kita melihat dari bawah piringan yang berputar maka itu dinamakan Blazar. Keduanya adalah obyek yang sama hanya berbeda posisi melihatnya.



quasar+2.jpg
Terlihat dengan jelas piringan gas dan debu yang berputar disekitar lubang hitam dan kemudian terjadi pancaran jet yang keluar. Image credit: NASA



apa+itu+quasar+.jpg
Pancaran jet keluar dari Quasar. Image credit: NASA



Jadi kesimpulannya apa itu Quasar? Kuasar adalah Cahaya yang dihasilkan oleh debu dan gas yang berputar pada daerah disekitar lubang hitam sebagai hasil dari gesekan yang kemudian memanas dan bersinar kemudian menimbulkan ledakan radiasi magnetik yang sangat terang.
Galaksi Bima Sakti sendiri punya lubang hitam supermasif di pusatnya tapi tidak memiliki AGN atau Active Galactic Nucleussehingga tidak ada Quasar. Namun dalam 10 miliar tahun ke depan saat galaksi Bima Sakti bertabrakan dengan galaksi Andromeda bisa saja Quasar terjadi.




Kata kunci : Apa yang dimaksud dengan quasar , quasar di bimasakti , quasar keanehan alam semesta , cahaya quasar , cahaya misterius alam semesta , keajaiban quasar alam semesta

Tidak ada komentar: