Selasa, 24 September 2013

Pembagian Islam Menjadi 3 Bagian




Manusia dengan pemikirannya sendiri. Inilah ulasan yang dengan tegas menyatakan bahwa secara agama islam terbagi menjadi 3. Tidak menyebutkan yang pertama adalah islam apa dan bukan tentang perbedaan menyangkut imam yang mana. Namun semua bersadarkan apa yang nyata terlihat dan terasakan.


Bahwa pada dasarnya setiap agama diajarkan untuk berbuat baik dan damai, bahkan secara terang-terangan di dalam Al-Qur'an menyatakan "Bagiku agamaku dan bagimu agamamu". Artinya kebebasan dalam memeluk agama dan saling menghormati. Tidak terdapat dalam agama manapun yang mengajarkan kekerasan, pemaksaan serta tindakan anarkis lainnya hanya manusianya saja yang tidak bisa berfikir secara rasional dan tidak mampu memahami bagaimana kehidupan ini agar damai dan sejahtera.


Ada banyak alasan kenapa manusia berbuat yang tidak sewajarnya diluar rekomendasi agama itu sendiri, terutama karena faktor tokoh utama yang mempengaruhi, cara berfikir yang kurang mampu, keadaan lingkungan dan banyak faktor lainnya. 3 hal penting dalam kehidupan adalah:

1. Beribadah

2. Bekerja

3. Menjaga kedamaian


Inilah yang terdapat dalam semua agama. Tapi sayang, karena faktor diatas tadi banyak orang yang terprovokasi menjadi perusak-perusak yang sangat tidak bermanfaat bagi kehidupan bersama.


Hal terparah yang pernah ada adalah tentang teroris yang mana di dominasi oleh orang mengatakan dirinya beraga islam. Padahal islam sendiri tidak mengajarkan meneror orang lain, karena itu saya membagikan islam dalam 3 bagian:


1. Orang yang mengatakan dirinya beragama islam, namun membawa efek merusak baik dengan perorangan maupun kelompok. Ini persis ormas, bersatu untuk memisahkan diri. Bahkan ormas sangat rentan terjadi permasalahan, ini kenapa pikiran saya sangat tidak setuju dengan adanya ormas, khususnya ormas yang mengatasnamakan agama ataupun dalam politik, sebab satu orang membuat masalah , maka akan merusak nama kelompok yang digunakannya untuk selanjutnya merusak secara massal yang menyangkut dengan nama yang digunakan itu sendiri. Bagaimana pun sebaiknya adalah dalam keadaan bersama secara datar, tidak ada pembedaan satu sama lain.


2. Orang yang mengatakan dirinya beragama islam, dimana kehidupan sehari-harinya melakukan dengan biasa , tidak ada sesuatu yang sangat mencolok, bergaul dengan semua orang tanpa memandang apapun, tidak terikat satu kelompok. Artinya siapa saja boleh masuk dalam ranah kehidupannya, memiliki rasa kebersamaan yang tinggi. Biasanya orang seperti ini berada dalam lingkungan yang didalamnya terdapat perbedaan suku, agama dan lainnya. Keadaan seperti ini sangat bagus dan tentunya akan menjaga kedamaian antara satu sama lainnya, terutama jika tidak dipengaruhi oleh bagian yang pertama.


3. Orang yang mengatakan dirinya beragama islam, dimana dalam kehidupannya sangat konsisten dengan agama, tidak terpengaruh dengan yang pertama, atau apapun yang terjadi dia hanya memikirkan hidup baik dan mati baik. Bahkan orang ini tidak ikut membela negara dan tidak ikut membela agama jika terjadi sebuah perselisihan orang lain disekitarnya. Meski begitu, karena pemahamannya yang baik maka sangat menginginkan kedamaian tanpa adanya kekerasan, perusakan atau peperangan.


Dengan 3 bagian diatas, tentunya akan jelas mana yang lebih baik, dan anda termasuk bagian yang mana silahkan rasakan sendiri & pikirkan sendiri. Betapa indah hidup dalam kebersamaan, tidak membedakan orang lain berdasarkan apapun, saling menghormati, tidak ada kelompok-kelompok yang memisahkan diri dari kebersamaan yang biasanya. Kita harus membiasakan diri berada dilingkungan berbeda, bahkan harus mencoba bagaimana ada dalam minoritas, karna ini membantu memahami hidup. Agama tidak perlu dibela, karna agama tidak akan mati, yang perlu dibela adalah kedamaian. Hanya katakan "aku dan kalian akan selalu damai."


Kata kunci : agama islam ada 3 , pengelompokkan agama islam, pembagian agama islam , bagaimana agama islam, kenapa agama islam dibagi.

Tidak ada komentar: