Kamis, 18 Juli 2013

Black Hole (Lubang Hitam) Dan Video Tersortir



Blackhole , nama yang sudah tidak asing lagi kita dengar , berupa sebuah tempat yang mempunyai gravitasi sangat besar sehingga tidak ada satupun benda disekitarnya yang mampu lolos dari hisapannya. Jangankan benda seperti asteroid, planet dan bintang , cahaya pun akan berbelok terhisap oleh kekuatan gravitasinya.

Meski begitu, dikatakan ada benda yang dapat lolos darinya melalui "terowongan kuantum".

Terowongan kuantum adalah fenomena dimana partikel melanggar asas "Mekanika klasik" dengan menembus penghalang potensial.

Mekanika klasik yaitu gaya yang bekerja pada suatu benda.


Jika sudah terhisap blackhole, maka benda tersebut akan selamanya terperangkap dan tidak akan bisa kita lihat lagi. Hanya saja, apakah semua planet atau asteroid akan hancur atau masih eksis jika masuk kesana, tidak diketahui secara pasti. Karna menurut Dokuchaev dari Institute for Nuclear Research of the Russian Academy of Sciences di Moscow, semakin jauh masuk ke black hole, di sana terdapat horison lain dimana dimensi berubah ke awal lagi. Horison area tersebut disebut sebagai Inner Cauchy Horizon, dan disitulah menurut Dokuchaev, ada planet raksasa mengorbit didalamnya.


Jika dibandingkan bumi, untuk melepaskan diri dari dari gravitasi, benda harus bergerak diatas kecepatan 11 kilometer/detik, tapi bagi blackhole kecepatan cahaya 299.792,4989 kilometer/detik saja tidak akan mampu lolos dari hisapannya. Di galaxy kita, tepatnya di pusat galaxy bimasakti ini juga terdapat blackhole supermasiv, jaraknya masih cukup aman, sebab antara pusat galaxy dengan matahari sekitar 27.700 tahun cahaya.


Blackhole menurut para ahli astronomi berasal dari bintang biru raksasa yang meledak dengan dahsyat atau disebut supernova , lalu intinya menyatu kembali menjadi sangat mampat , seiring bertambahnya kepadatan maka gravitasinya juga semakin besar. Untuk massanya, kurang dari 1 senti blackhole sama dengan massa bumi. Bayangkan jika bumi diremas sampai padat hingga ukurannya lebih kecil dari kelereng dengan berat yang tetap, begitulah berat blackhole perbagiannya. Hingga saat ini black hole dengan massa terbesar diketahui berada di Galaksi OJ 287. Black hole sangat masiv ini bermassa 18 miliar kali massa Matahari.


Dan dari banyak video , saya mengambil hanya 4 video tentang blackhole yang cukup menarik, apa saja itu silahkan lihat sendiri:


1. Blackhole tertangkap memakan bintang hi 43707

x4tmr.jpg

Download Video (1.3MB)


2. Lubang hitam di pusat galaksi hi 43895

h6ox1.jpg

Download Video (4.1MB)


3. Ilustrasi lubang hitam dikertas fotocopy

fkxky.jpg

Download Video (1.8MB)


4. Kumpulan peristiwa:

sas3c.jpg

"Melampaui ruang dan waktu"
- Blackhole makan bintang neutron
- Tabrakan bintang neutron biner (saling orbit)
- Bersatunya bintang katai putih (bintang kerdil)
- Blackhole Supermasiv

Download Video (1.5MB)


Sumber : Referensi
Penguraian yang disederhanakan oleh Zia Putra Persada
Pengertian lubang hitam secara sederhana , arti blackhole , apa itu lubang hitam , apa itu blackhole , blackhole adalah , lubang hitam adalah , jarak bumi dengan blackhole , jarak bumi dengan lubang hitam , lubang hitam terbesar , blackhole terbesar

Tidak ada komentar: