Senin, 13 Mei 2013

Planet Minor , Planet Nomad , Komet , Asteroid , Meteorid , Meteor Dan Meteorit



Kali ini mau membahas tentang benda langit yang masih belum banyak diketahui secara umum antara lain planet minor , planet nomad beserta perbedaan antara komet , asteroid , meteorid , meteor dan meteorit. Semoga penjelasan dengen bahasa sederhana dan singkat dapat membantu pemahaman mengenai benda-benda langit berikut ini.

1. Planet Minor

BUv0xXq.jpg
↑ ↑ ↑ Ceres ↑ ↑ ↑

Planet minor adalah benda langit yang lebih besar dari asteroid dan lebih kecil dari planet dengan orbitnya mengililingi matahari. Sering juga disebut planet kerdil.
Contohnya:
- Ceres, yang ditemukan pada tahun 1801.
- Pluto , yang awalnya pernah masuk daftar planet namun dipecat dari list karena orbitnya memotong orbit neptunus.
- Asteroid Pallas adalah promosian untuk masuk ke daftar planet minor.

2. Planet Nomad

UcAAlSa.jpg
↑ ↑ ↑ Planet Nomad ↑ ↑ ↑


Planet nomad atau planet yatim piatu yaitu planet yang tidak mengorbit bintang induk tertentu. Hal ini diketahui dari ekstrapolasi hasil observasi planet yang dilakukan dengan metode gravitational microlensing, melihat pengaruh gravitasi planet pada cahaya bintang. Diperkirakan ada lebih dari 100.000 planet nomad pada galaxy bimasakti.

3. Komet

Qoqxmdh.jpg
↑ ↑ ↑ Komet Ison ↑ ↑ ↑

Komet adalah sebuah benda langit yang lebih kecil dari asteroid dan terbilang aktif. Struktur komet tersusun oleh debu dan es. Ketika dekat dengan matahari komet akan mempunyai ekor karena adanya radiasi dan angin matahari terhadap inti komet.
Contohnya komet Ison yang ekornya cemerlang hampir seterang bulan purnama yang melintas pada akhir tahun 2013 oktober hingga desember nanti.

4. Asteroid

mHMLdxY.jpg
↑ ↑ ↑ Asteroid 2012 DA14 ↑ ↑ ↑

Asteroid adalah sebuah benda langit yang relatif kecil dan tidak aktif juga mengorbit matahari. Struktur asteroid tersusun oleh batu, karbon, dan logam. Asteroid tidak memiliki ekor.
Contohnya :
Asteroid 2012 DA 14 yang pernah melintasi bumi pada Sabtu 16 februari 2013 pukul 02.26 WIB. Asteroid berukuran setengah lapangan bola ini diperkirakan akan menghantam bumi 97 tahun lagi tepatnya pada 16 Februari 2110.

5. Meteoroid , Meteor dan Meteorit.

KjyGz3Z.jpg
↑ ↑ ↑ Meteorid ↑ ↑ ↑

- Meteoroid adalah Sebuah benda padat yang bergerak dalam ruang antarplanet, dengan ukuran lebih kecil daripada asteroid hingga sebesar butiran pasir. Masih mengorbit matahari, meteoroid ini berasal dari reruntuhan komet dan asteroid.

3BYS3En.jpg
↑ ↑ ↑ Meteor ↑ ↑ ↑

- Meteor adalah sebuah meteorid yang masuk ke atmosfir bumi, gesekan dengan atmosfir yang padat membuat meteorid menjadi terbakar dan bercahaya, sering terlihat dimalam hari dikenal dengan bintang jatuh.

DnD4CTA.jpg
↑ ↑ ↑ Meteorit ↑ ↑ ↑

- Meteorit adalah sisa meteor yang tidak terbakar habis di atmosfir hingga menyentuh permukaan bumi.

Sumber : referensi

Kata kunci : Planet Minor , Planet Nomad , Komet , Asteroid , Meteorid , Meteor Dan Meteorit , perbedaan planet minor , perbedaan planet nomad , perbedaan komet , perbedaan meteorid , perbedaan meteor , perbedaan meteorit , planet , tata surya , galaxy bimasakti , alam semesta.

Tidak ada komentar: