Selasa, 12 Maret 2013

Situs Resmi Pemerintah Indonesia Rata-rata Sangat Buruk


Kenapa situs pemerintahan sulit diakses ? Berat, kurang fasilitas pendukung, dan beberapa lain masalahnya.

Disini saya akan mencoba berkomentar mengenai salah satu situs pemerintahan, yaitu situs dinas pendidikan dan kebudayaan Kalimantan Tengah dengan alamat situs disdik-kalteng.info.

Sebagai situs penting pemerintahan sudah sepatutnya dibuat sedemikian rupa agar mudah diakses bagi seluruh masyarakat. Tapi kebanyakan dari situs pemerintah Indonesia susah di akses dan ini sangat buruk menurut saya.

Ini adalah bukti tidak konsistennya media informasi yang akan disajikan untuk masyarakat, mungkin hanya dibuat asal-asalan, asal ada, kenapa begitu ? Tentu saja, silahkan lihat beberapa hal yang menjadi bukti situs asal-asalan berikut ini ;
Saya ambil situs disdik-kalteng.info untuk contohnya :

1. Kolom menu pilihan ternyata hanya mengunakan 1 link, tetap di home.

0EYAoge.jpg

2. Jumlah visitor menandakan ke efektifan sebuah situs , bahkan adminnya sendiri tak terlihat memantau situs yang dibuatnya sendiri (maaf kalau salah)

YRLJ7ql.jpg

3. Bagian menu kontak admin jika di klik , tanpa alternatif lain.

XnUKei3.jpg

4. Lucu & meragukan untuk memberi komentar mengingat masalah diatas, menurut saya terbilang dibuat asal ada. (maaf).

KioxlLi.jpg

Dari masalah diatas ada beberapa hal yang patut dibenahi, jika mungkin mereka (pihak pengelola situs) tidak sampai memikirkan apa yang harus diperbaiki dari situs tersebut mengingat pentingnya keberadaannya sebagai informasi, ada beberapa hal yang real, yaitu :

1. Memperbaiki tiap Link yang sejatinya berbeda dan dipisahkan isinya seperti gambar pertama.

2. Melengkapi fasilitas komunikasi dengan masyarakat dari beberapa jejaring sosial tidak hanya satu, misalnya:

a. Nomor Telepon
b. Email
(Lebih bagus jika ada 2 email , karena ada beberapa situs pemerintah yang kouta emailnya penuh tapi tak diperhatikan, yang penting gaji jalan).
c. Messenger
(Yahoo Messenger, Facebook , Twitter dan lain-lain , saya yakin dengan mengaktifkan semuanya tidak akan berpengaruh banyak terhadap pembelian kouta internetnya, daripada sambil disalah gunakan)
d. Kolom komentar situs
(Jika memang tanpa code chapta tidak banyak diserang spamer maka itu akan lebih mudah bagi masyarakat yang ingin menyampaikan sesuatu, untuk masalah kode chapta bisa di ujicoba dulu)
e. Layanan SMS
(Karena inilah yang paling mudah untuk berkomunikasi maka saya nilai cukup efektif, asal jangan dijadikan Bisnis-bisnisan, tarif standar saja dan pastikan autoblock untuk SMS yang lebih dari 2 per hari)


3. Alamat Kantor yang lengkap & jelas.

4. Harus punya daftar Link terkait dengan situs pemerintah lainnya.

5. Situs harus di ujicoba tampilan dan kemudahan aksesnya dari beberapa perangkat , misalnya dengan PC , Tablet , Phablet , dan Mobile Telpon dari High end hingga Fiture.

6. Situs pemerintah harus mudah di akses dengan IP apapun, saya yakin dengan pelayanan yang baik kecil kemungkinan ada pihak peretas yang menyerang.

7. Situs pemerintah terutama budaya harus memiliki kelebihan khusus , misalnya dengan mengisi gambar dan foto bernilai budaya, lagu daerah , untuk lagu cinta yang berbahasa daerah silahkan pertimbangkan mengingat kelangkaannya.

Test on Nokia E63 & Samsung Galaxy

Yang lainnya silahkan cek sendiri atau ada tambahan lain dari komentator dibawah ? :D

Tidak ada komentar: