Jumat, 16 November 2012

Apa Perbedaan Antara Socket dan HTTP ?




Bagi pengguna internet khususnya yang menggunakan Browser operamini di ponsel tentu saja sudah tidak asing lagi dengan protokol Socket dan Http , para maniaks internet menjadikan protokol sebagai sorotan utama untuk kepentingan khusus, misalnya untuk gratisan. Sebagai default biasanya browser internet sudah meletakkan koneksi pada socket, tapi tahukah anda apa perbedaan SOCKET dan HTTP ?


Socket adalah protokol yang cenderung stabil, cepat, dan selalu tersambung pada jaringan, sehingga memungkinkan proses loading berjalan lebih baik , tapi karena selalu dalan keadaan terhubung maka socket cukup makan daya batrai dalam penggunaanya.


HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Protokol yang menggunakan HTTP cenderung bersifat musiman, yaitu putus-putus setelah 30 detik - 1 menit setelah kita membuka sebuah situs, tapi kelebihan HTTP adalah dapat digunakan untuk gratisan internet dengan settingan tertentu baik pada konfigurasi telepon maupun pada jalur server browser.


Jika dikaitkan dengan gratisan sebenarnya antara Socket dan HTTP adalah relatif, meski begitu Socket lebih handal dalam segi koneksi dan HTTP lebih sering digunakan untuk gratisan.

Tidak ada komentar: