Rabu, 21 November 2012

4 Cara Menjernihkan Minyak Goreng Yang Sudah Dipakai (ZetZia)

Sebenarnya ane juga bingung kenapa harus share yang ini, apa karna ane terlalu miskin ya... :idea: , tapi walau ga terlalu bermanfaat dengan era susanti eh era globalisasi sekarang (ngaco dah), ane coba paksakan share tentang 3 cara menjernihkan minyak goreng yang sudah dipakai, so kita mulai dari:



Mula-mula buah mengkudu ditumbuk, lalu diperas untuk diambil sarinya. Sari inilah yang dicampur minyak goreng yang telah berulangkali dipakai. Setelah tercampur, dibiarkan selama kurang lebih 5 sampai 10 menit, selanjutnya diendapkan, dipanaskan pada suhu 50 derajat celcius, dan terakhir disaring. Komposisinya, satu buah mengkudu dipakai untuk menjernihkan seperempatliter minyak goreng. Jangan lupa, pemilihan buah mengkudu harus benar-benar masak. (hasil penelitian sekelompok pelajar Sekolah Menengah Umum (SMU) BPPT Lamongan. Menjadi juara ketiga dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) tingkat nasional)



Caranya dengan mencampurkan atau menggoreng arang sekam dalam kadar tertentu ke dalam minyak goreng yang telah dipakai. Satu persen saja arang sekam itu dicelupkan dalam minyak goreng panas selama 30 menit, akan menjernihkan minyak bekas yang secara kimia, fisik, maupun organoleptik, mendekati kualitas minyak yang masih segar. (penemuan dari dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY) Ir Ambar Rukmini MP,. Dengan penelitiannya ini, Ambar berhasil meraih predikat dosen terbaik tingkat PTS di Kopertis Wilayah V DIY).



Ambil arang kayu lalu tumbuk sampai halus. Masukkan gerusan arang kayu itu pada minyak jelantah. Ukuran pemakaian, 2 kepal arang kayu untuk satu kilogram minyak jelantah. Aduk sampai rata, tunggu sampai 5 menit lalu saring dengan kain bersih.

* Dari 3 cara diatas harus perhatikan agar minyak goreng bekas tidak lebih dari 4x pakai dari pertama, maksudnya jika pernah dipakai 1x maka minyak hanya baik dipakai hingga 3x saja.
4.Menggunakan Arang Biji Salak

Cara ini akan efektif mengembalikan sehatnya minyak goreng yang habis pakai, caranya minyak goreng bekas dipanaskan pada suhu 40, 50, 60 dan 70 oC, kemudian direaksikan dengan arang biji salak dengan variasi berat 10, 25, 50 gram dan variasi waktu pengadukan 20, 40, 60, 80, 100 dan 120 menit. Campuran minyak goreng bekas dengan arang biji salak kemudian dilakukan proses pemisahan dengan cara filltrasi/penyaringan.

Tidak ada komentar: