Minggu, 23 September 2012

Mengapa CSS Berat Loading ? ( Zetzia )


Selamat Berkunjung lagi sahabat semua , walaupun sampai hari ini ponsel saya masih belum disembuhkan tapi tetapp setia untuk berposting ria, berbagi seadanya.


Seperti judul diatas, mengapa CSS berat loading ? Walau sedikit kurang nyambung dengan isinya tapi tak apalah, sebenarnya akan lebih cocok dengan mengapa situs berat dibuka atau diakses , yang pasti ini saya khususkan untuk para newbie dimana sebagai pemula biasanya suka utak-atik CSS untuk memperindah blog-nya.


Sebagai contoh, saya waktu dulu dari pertama langsung menggunakan tema mentah yang dimodifikasi,karna background post berwarna hitam akhirnya banyak text yang saya kasih warna putih, akhirnya timbullah kesalahan terbesar itu, yakni pada tampilan PC tulisannya tidak bisa terlihat , maklum antara tulisan & CSS WEB sama putih. Kembali ketopik, dan inilah penyebab mengapa CSS itu berat loading :


1. CSS Ada Gambar Transparan
Gambar Transparan biasanya ber-ekstensi .GIF memang makan data, bisa kita lihat perbandingannya pada aplikasi image designer dimana 2 foto yang sama tapi yang satunya diberi transparansi maka ukuran data gambarnya lebih besar dari yang tanpa transparansi.


2. CSS Ada Gambar .PNG
Gambar dengan Format Ekstensi .PNG biasanya digunakan untuk hasil gambar yang lebih bagus & jernih, tapi sebaliknya ukurannya juga lebih besar, seperti pada saat saya mengkonversi salah satu gambar maka perbandingannya seperti ini :
.JPG = 3MB dikonversi, maka menjadi .PNG = 12MB
Jika memang diperlukan sebaiknya perbanyak warna putihnya.


3. CSS menggunakan gambar Oversize
CSS dengan menggunakan gambar oversize tentu saja kurang baik untuk sebuah situs, misalnya untuk pengisi:
- Header Navigasi
- Header Blogroll
- Header kategory
- Dalam Kolom Text area Komentar
- Pada kolom Search
Nah, pada kolom kecil itu sebaiknya sesuaikan ukuran gambar dengan Kolomnya. untuk standar ukuran gambar selain dari yang diatas bisa menggunakan ukuran 320 x 240 , tapi untuk menjaga keseimbangan halaman saya menggunakan ukuran 312 x 240 untuk background header.


4. CSS banyak kode warna berbeda
Sepertinya situs tak beda jauh dengan pembuatan anyaman bermotif, seperti anyaman dengan warna secorak maka pengerjaannya tidak terlalu ribet tapi kalau berpadukan motif berwarna pastinya waktu pengerjaannya akan lebih sulit & lama.
Untuk situs, penggunaan warna kental yang berbeda akan mengurangi kecepatan loading halaman anda.


5. CSS dengan OverScript
Ini biasanya terjadi apabila kita memodifikasi CSS yang sudah siap pakai, dimana pada sebagian Script terdapat kode atau karakter yang berlebihan, jika kita kasih URL gambar maka gambar itu tidak tampil karena tertutup oleh URL gambar lain,biasanya salah satu terdapat disini :

#header:before{content:url*(*http://situs gambar);text-align:center;margin:0px 0px 0px 0px}#header {border:2px solid blue;background: url*(*http://situs gambar) url*(*http://situs gambar)left bottom no-repeat;text-align:center;color:black;margin:2px;padding:0px;}

Text dengan warna biru itu tidak terlalu penting.


6. CSS Dengan karakter lain
CSS dengan karakter lain ini memang jarang terjadi, karna ini bisanya digunakan untuk mempertahankan jumlah karakter pada kolom edit tema, misalnya dengan penambahan karakter : ********... Dan seterusnya sehingga mencukupi jumlah karakter awal sebelum pengeditan, contoh: Jika jumlah karakter tema awal = 7000 lalu pada saat mengedit karakter berkurang menjadi 6500 , maka untuk mempertahankan karakter awal biasanya digunakan karakter lain seperti diatas hingga 500 krakter agar genap kembali menjadi 7000. Ini akan tampak pada situs dengan mematikan fitur image-nya pada operamini, biasanya footer lebih panjang kosongnya. Ini biasanya digunakan bila ponsel untuk pengeditannya terbatas karakter pada operamini.


*Selain diatas terdapat beberapa hal yang dapat memberatkan blog misalnya : Terlalu banyak iklan , terlalu banyak image lain (biasanya SEO & Pagerank) , Dan tambahan-tambahan lain yang tidak terlalu penting, bukan saja berat loading tapi juga tidak enak dipandang sehingga orang malas untuk mengaksesnya lagi.


Demikianlah yang dapat saya sampaikan, masih banyak yang kurang & perlu dibenahi, mungkin juga yang keliru disampaikan,sehingga butuh komentar baik berupa masukan, saran, kritik dan lain-lain dari sahabat semua, bagi yang mau berpartisipasi silahkan tinggalkan komentarnya dibawah ini.

keyword : Syifa fazriah ulfah , Zia Putra Persada , Syifazia , mandomai , anjir kalampan , cikalong wetan , tegalaja , bandung , kalteng , jawa barat.

Tidak ada komentar: