Jumat, 15 Juni 2012

NASA Luncurkan Teleskop Untuk Cari Lubang Hitam


Nuclear+Spectroscopic+Telescope+Array+(N


Para ilmuwan akan segera memiliki alat untuk pencarian atau mengamati lubang hitam dengan meluncurkan teleskop ruang angkasa baru. Dengan teleskop yang telah diluncurkan NASA itu, ilmuwan bisa membantu mendapatkan keterangan, terkait lubang hitam dan pemahaman mendalam tentang objek-objek yang ada di luar angkasa.


Alat yang juga dimanfaatkan oleh National Aeronautics and Space Administration (NASA) bernama Nuclear Spectroscopic Telescope Array ini, tidak hanya mencari lubang hitam, tetapi juga berfungsi untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai objek-objek paling energik dan eksotis di luar angkasa.


Teleskop anyar ini diluncurkan pada 13 Juni 2012. Teropong yang dikenal dengan nama NuSTAR itu akan tampil dari Kwajalein Attoll di pusat Pacific Ocean.


Teleskop itu diklaim sebagai teleskop paling mutakhir yang ada saat ini. Memiliki sepuluh kali lipat resolusi serta lebih dari seratus kali lipat sensitivitas, ketimbang seri pendahulunya. Selain itu, NuSTAR juga hadir dengan desain baru yang mengandalkan pada satu set kompleks 133 nested mirrors ultra tipis.


Wikipedia melansir, Lubang hitam (black hole) adalah sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya. ...


.....

Luar biasa,,,Alam semesta memang benar-benar misteri sob...

Tidak ada komentar: